Cara Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus atau Tidak

Mediadigitalpublikasi.com – Scopus merupakan salah satu database karya ilmiah berupa jurnal yang paling populer di dunia saat ini. Termasuk di Indonesia, banyak penerbit jurnal yang berharap besar agar jurnalnya terindeks di Scopus untuk dapat menjangkau pembaca yang sangat luas hingga ke seluruh penjuru dunia.

Pada kesempatan ini MDPI akan menguraikan informasi mengenai cara mengetahui jurnal terindeks Scopus atau tidak. Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk mengetahui apakah jurnal yang Anda kelolah atau jurnal yang sedang Anda telusuri informasinya sudah terindeks di Scopus atau tidak.

    1. Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus Lewat Scimago JR

    Scimago JR sendiri adalah salah satu layanan pengecekan daftar peringkat jurnal yang ada di seluruh dunia yang bersumber dari database Scopus. Adapun panduan cara untuk mengetahui jurnal terindeks Scopus atau tidak lewat Scimago JR, yaitu:

    • Pertama silahkan Anda kunjungi situs resmi Scimago Jr menggunakan link https://www.scimagojr.com/
    • Setelah berhasil masuk ke halaman utama Scimago Jr, silahkan Anda lakukan pencarian jurnal yang ingin Anda cari informasinya dengan cara mengklik tombol enter.
    • Jika jurnal yang Anda cari berhasil ditampilkan di halaman Scimago JR, maka silahkan cek informasi selengkapnya apakah terindeks Scopus atau discontinued. Discontinued maksudnya adalah sudah tidak terindeks Scopus lagi. Jika jurnal yang Anda cari tidak ditampilkan sama sekali maka dapat dipastikan bahwa jurnalnya tidak terindeks Scopus.

    Selain itu, jika Anda tidak mengetahui atau lupa  dengan judul jurnal yang ingin dicari maka Anda dapat mencarinya melalui fitur “Semua Bidang Mata Pelajaran” atau “Semua Kategori Mata Pelajaran” yang terdapat pada Scimago JR. Fitur tersebut dapat membantu Anda melakukan pencarian dengan kategori secara umum.

    2. Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus Langsung di Situs Scopus

    Cara yang kedua ini bisa Anda lakukan secara gratis di situs resmi scopus.com, tetapi untuk mendapatkan hak akses membacanya Anda diwajibkan untuk berlangganan terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur open access yang telah dipersiapakan oleh Elsevier, berikut caranya:

    • Setelah itu silahkan klik menu Sources yang terletak di pojok kanan atas pada halaman tersebut untuk membuka laman pencariannya.
    • Selanjutnya Anda bisa melakukan pencarian berdasarkan nama negara asal penerbit jurnal maupun judul jurnalnya. Jika Anda sudah menentukan kategori pencariannya maka langsung saja klik tombol Find Source untuk memulai proses pencarian.
    • Pada hasil pencarian yang ditampilkan silahkan Anda perhatikan secara seksama. Jika jurnal yang Anda cari berhasil ditampilkan dan tidak ada keterangan “scopus discontinued” maka dapat dipastikan bahwa jurnal tersebut terindeks di Scopus.
    • Kemudian jika jurnal yang Anda cari tidak muncul maka dapat dipastikan tidak jurnalnya tidak terindeks di Scopus.